Polri Akan Gelar Operasi Patuh 2020 Mulai Pekan Depan

Jak-One.com – Korlantas Polri akan menggelar operasi lalu lintas dengan tema operasi Patuh 2020 selama 14 hari. Mulai pelaksanaan terhitung pada tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Meskipun operasi lalu lintas dilaksanakan di tengah pandemi virus Covid-19, kepolisian akan menindak pengemudi sepeda motor dan mobil yang melakukan pelanggaran lalu lintas. “Kita sudah vicon bersama jajaran. Operasi patuh 2020 kita mulai tanggal 23 – 5 Agustus,” jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, kepada Media Rabu (15/7/20).

Kakorlantas juga menjelaskan orientasi operasi patuh 2020 ini tetap pada operasi kemanusiaan dikarenakan situasinya dalam adaptasi baru pandemi Covid-19. “Tindakan hukum yang dikedepankan ialah preemtif, persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” jelas Irjen Pol Istiono.

Dalam kesempatan yang lain, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto menegaskan, pihaknya tidak akan melarang tindakan penilangan. Namun, Brigjen Pol Kushariyanto menghimbau pihaknya tetap mengedepankan tindakan humanis terlebih dahulu.

“Silahkan lakukan tindakan penilangan, akan tetapi lakukan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media-media sosial atau media lain sebelum kita lakukan penindakan. Contohnya jika di Jakarta penindakan dikhususkan untuk melawan arus, jadi bila ada pengendara yang menbandel tidak usah memeriksa surat-surat, langsung lakukan penilangan,” jelas Dirgakkum Korlantas Polri. (Amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *