Jalani Hobi Dari Rumah, Starup Indohobi.id Hadir Ditengah Pandemi Covid-19

Jak-One.com – ‘Menjalani Hobi Dari Rumah’ menjadi tema utama dalam acara Launching Indohobi.id sebagai wadah Para Marketplace dan Komunitas Hobi yang digelar di Taman Wisata Situ Gintung, Jl. Pisangan Raya No. 20, Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangsel, Sabtu (3/10/2020).

Starup Indohobi.id merupakan satu-satunya wadah atau Platform bagi masyarakat pencinta hobi untuk bisa bertemu langsung dengan sesama para pegiat hobi yang digemarinya melalui aplikasi smartphone maupun link website.

Melihat dunia hobi Indonesia yang tidak memiliki wadah khusus yang bisa dijangkau sscara mudah oleh masyarakat luas, membuat Andy Hariyanto tergerak untuk menciptakan platform khusus hobi yang bisa diakses secara daring.

Founder dan CEO starup Indohobi.id, Andy Hariyanto mengatakan, jika setiap manusia secara naluri pasti memiliki lebih dari satu hobi yang digemari sepanjang hidupnya. Maka tak heran jika hobi tanaman hias dan ikan cupang masuk kedalam siklus tren hobi yang digemari masyarakat Indonesia.

“Sebelumnya, kita sudah pernah menemui musim hobi tanaman anthurium, lalu berganti masuk ke musim batu cincin, berubah lagi musim hobi sepeda, kemudian kembali lagi ke tanaman hias, ikan cupang dan akan terus bergerak dinamis mengikuti perkenbangan zaman. Maka saya pikir prospek dunia hobi di Indonesia begitu cerah,” ungkapnya.

Ditempat sama, Owner dari Galeri Tanam Teduh, Ready Febrian menyampaikan, jika hobi tanaman hias kembali digandrungi masyarakat, salah satunya berimplikasi dari efek psikologis masyarakat yang ingin tetap sehat dengan aktivitas positif di tengah ketidakpastian wabah pandemi Covid-19.

“Karena berkebun dan menanam tanaman itu kan pasti membutuhkan aktifitas fisik. Kemudian saat tanamannya mulai tumbuh subur, juga ada efek visual yang secara tidak sadar membawa seseorang untuk tetap rileks, pikiran tenang dan sebagainya, sehingga secara tidak langsung kegiatan ini bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan mental,” tutur Pria yang saat ini membuka Galeri Tanaman di Taman Angrek Indonesia Permai.

Hal senada juga disampaikan Agung Priyono, selaku Owner dan King Betta Fish 21 mengatakan, hobi koleksi dan budidaya ikan cupang juga kembali naik pamor dipengaruhi oleh kondisi Pandemi Covid-19. “Salah satunya, ya dengan mengoleksi ikan hias seperti cupang, memelihara ikan cupang seperti memiliki hiburan murah yang bisa dinikmati dari dalam rumah,” tandasnya.

Ceo Indohobi.id menambahkan, bahwa Plafltform Indohobi.id menawarkan beragam fitur yang dibutuhkan oleh para pehobi, mulai dari fitur marketplace yang bisa menjadi sarana jual atau beli perlengkapan hobi, fitur club hobi sebagai sarana untuk berdiskusi dan ajang kopdar online.

Kemudian ada juga lelang hobi untuk melelang barang-barang hobi tertentu yang memiliki nilai tinggi dan jumlah terbatas, iklan hobi, sentra hobi, hingga fitur Indohobi Escrow Service sebagai layanan pembayaran terpercaya seperti fitur rekening bersama (Rekber).

“Kami melihat industri atau bisnis yang berhubungan dengan hobi ini masih sangat potensial di Indonesia. Bahkan beberapa produk barang hobi asal Indonesia bisa sangat bersaing dengan produk dari luar negeri,” ujar CEO indohobi.id.

“Untuk itu, kami berharap, para hobi di Indonesia bisa bersatu dalam membangun dunia hobi Indonesia yang juga akan memberikan dampak positif terhadap berkembangnya industri UMKM tanah air,” tambahnya.

Ia juga optimis terhadap starup yang dirintis bersama para partnernya. Menurutnya, kedepan Indohobi.id akan mempunyai valuasi yang besar. “Valuasi akan menjadi besar dan akan dilirik investor. Kami yakin akan bisa survive, karena nilai transaksi di dunia hobi sangat besar,” pungkasnnya.(Amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *