Real Madrid Lolos ke Final Liga Champions

Jak-One.com – Klub raksasa Spanyol, Real Madrid secara dramatis berhasil lolos ke final Liga Champions 2021-22 usai mengalahkan Manchester City 3-1 pada laga leg kedua babak semifinal di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB.

Madrid, yang kalah 4-3 di leg pertama, sempat tertinggal terlebih dahulu melalui gol Riyad Mahrez pada menit ke-73, namun pemain pengganti Rodrygo mampu membalikkan keadaan di fase akhir babak kedua dengan mencetak dua gol di menit ke-90 dan 91.

Duel ini kemudian dilanjut ke babak tambahan karena agregat sama kuat 5-5, hanya saja Madrid berhasil mengunci kemenangan sekaligus mewujudkan comeback sensasional berkat tendangan penalti Karim Benzema di menit ke-95 yang membuat agregat menjadi 6-5 untuk kemenangan Madrid.

Di partai final nanti, Real Madrid akan bertemu dengan wakil Inggris lainnya, yakni Liverpool yang sebelumnya mampu menyingkirkan Villareal dengan agregat 5-2.

Tampil di depan pendukungnya dan mengusung misi membalikkan keadaan, Los Blancos langsung tampil menekan dan membuahkan peluang di menit ketiga. Karim Benzema sukses menanduk bola di tengah kotak penalti, tapi arahnya belum ke gawang.

Man City tak mau main menunggu meski punya keunggulan agregat. Klub asal Inggris itu tampil sangat agresif, yang membuat pemain Madrid beberapa kali melakukan pelanggaran untuk menghentikan serangan.

Karim Benzema kembali membuang kesempatan di menit ke-11. Bola tembakannya di dalam kotak penalti masih mengarah di atas gawang.

Peluang emas didapatkan Bernardo Silva pada menit ke-20. Dari jarak sangat dekat, dia melepaskan tembakan dan Thibaut Courtois mampu mengamankan gawang Madrid.

Giliran Vinícius Junior, yang mengancam Man City. Pemain asal Brasil itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi masih belum mengarah ke gawang.

Perebutan bola terjadi di depan kotak penalti Madrid pada menit ke-23. Gabriel Jesus ada di sana dan melepaskan tembakan, namun arahnya masih di atas gawang.

Madrid mendapatkan tendangan bebas di menit ke-27. Toni Kroos maju sebagai eksekutor dan bola tembakannya sedikit melebar dari target.

Man City sangat dominan dalam penguasaan bola selepas laga berjalan setengah jam. Dengan sabar, Kevin De Bruyne dkk. membangun serangan dari belakang dan Madrid lebih pasif di tahap ini.

Phil Foden melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-39. Courtois dengan sigap mampu menepis bola dan membuat gawang tim tuan rumah aman. Tak ada gol tercipta sepanjang babak pertama. Kedua tim harus puas bermain imbang 0-0 sampai turun minum.

Usai turun minun, Madrid kesulitan mengembangkan permainan. Penjaga gawang Man City, Ederson tampak tidak mendapat ancaman berarti sepanjang laga.

Madrid sebenarnya memiliki kesempatan pada menit 46. Namun tembakan Vinicius Junior masih belum juga mengarah ke gawang.

Empat menit berselang, Man City justru nyaris memecah kebuntuan. Namun tembakan Gabriel Jesus lagi-lagi berhasil diamankan Thibaut Courtois.

Man City melangkahkan satu kaki ke partai final kala memecah kebuntuan melalui tembakan kaki kiri Riyad Mahrez pada menit 73. Assist Bernardo Silva langsung dihajar oleh pemain asal Aljazair tersebut.

Man City lagi-lagi menebar mimpi buruk kepada Madrid. Jack Grealish melesakkan tembakan menyusur tanah berbahaya pada menit 86, namun masih mengenai kaki Thibaut Courtois.

Madrid telat panas, gol penyama kedudukan baru datang pada menit 90. Berawal dari umpan Karim Benzema, Rodrygo Goes menyontek bola ke gawang Ederson.

Laga berubah menjadi dramatis kala memasuki masa injury time. Rodrygo Goes kembali menjadi pahlawan Madrid kala tandukannya merobek jala gawang Ederson, skor berubah menjadi 2-1 untuk Madrid, agregat berubah imbang menjadi 5-5 dan memaksa laga berlanjut ke extra time 2×15 menit.

Karim Benzema langsung mengancam di dua menit pertama extra time. Namun tembakannya masih mampu dihalau Ederson. Semenit berselang, laga pun memanas kala Karim Benzema dijatuhkan Ruben Dias di kotak terlarang.

Benzema yang bertindak sebagai eskekutor langsung menjalankan tugasnya dengan tenang, skor berubah menjadi 3-1 dan Madrid berhasil comeback dengan agregat 6-5.

Man City hampir menyamakan agregate jelang berakhirnya injury time babak pertama. Namun sontekan Fernandinho dari jarak dekat gagal berbuah gol, padahal gawang sudah kosong. Tidak ada gol tambahan hingga laga berakhir. Madrid pun menantang Liverpool di partai final Liga Champions musim 2021-2022.

Susunan Pemain:

Real Madrid 4-2-3-1 : Thibaut Courtois, Nacho, Éder Militão, Ferland Mendy, Dani Carvajal, Luka Modric (75′ Eduardo Camavinga), Toni Kroos (68′ Rodrygo), Casemiro (75′ Marco Asensio), Karim Benzema (104′ Dani Ceballos), Vinícius Júnior, Federico Valverde.

Manchester City 4-3-3 : Ederson, Aymeric Laporte, Rúben Dias, João Cancelo, Kyle Walker (72′ Oleksandr Zinchenko), Rodri (99′ Raheem Sterling), Kevin De Bruyne (72′ Ilkay Gündogan), Bernardo Silva, Gabriel Jesus (78′ Jack Grealish), Phil Foden, Riyad Mahrez (85′ Fernandinho).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *